TUGAS PENDIDIKAN AGAMA TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT






DI SUSUN OLEH :

NAMA        : ARINA CATUR GAMALIA
KELAS         : X.MIPA.4
NO.ABSEN : 05

A.    LATAR BELAKANG

 Pengelolaan zakat fitrah di Desa Subah pembayaran zakat dilakukan pada waktu malam hari setelah shalat trawih dilaksanakan di mushola. Mulai pembayaran zakat biasa nya mulai malam awal Ramadhan sampai terbenamnya matahari pada bulan Ramadhan.
Pengelolaan zakat fitrah disini biasanya dikelola oleh para panitia zakat fitrah. Pembagian zakat fitrah dilakukan oleh panitia zakat fitrah dan dibagikan secara rata dan baik sesuai ketentuan. Membaginya pada malam 30 dzulhijah.
B.      RUMUSAN MASALAH
1.      APA PENGERTIAN ZAKAT?
2.      APA RUKUN ZAKAT FITRAH DAN SYARAT ZAKAT FITRAH?
3.      SIAPA SAJA YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH?
4.      APA MANFAAT ZAKAT?
5.      KAPAN WAKTU PEMBAYARAN ZAKAT FITRAH?
C.      SOLUSI
1.      Secara umum, Pengertian Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam baik laki-laki, perempuan, besar atau kecil, merdeka atau budak, tua dan muda, pada awal bulan ramadhan sampai menjelang idul fitri. Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok  yang dibayarkan sebanyak 3,2 liter, atau 2,5 kg. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa atau menyucikan diri dari dosa-dosanya dan memberikan makan bagi fakir miskin.
Pengertian zakat terbagi atas dua yaitu pengertian zakat menurut bahasa dan pengertian zakat menurut istilah. Pengertian zakat menurut bahasa adalah membersihkan diri atau mensucikan diri. Sedangkan pengertian zakat menurut istilah adalah ukuran harta tertentu yang wajib dikeluarkan kepada orang yang membutuhkan atau yang berhak menerima dengan beberapa syarat sesuai dengan syaria islam.

2.      RUKUN ZAKAT FITRAH :
·         Niat untuk menunaikan zakat fitrah dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT
·         Terdapat pemberi zakat fitrah atau musakki
·         Terdapat penerima zakat fitrah atau mustahik
·         Terdapat makanan pokok yang dizakatkan
·         Besar zakat fitrah yang dikeluarkan sesuai agama islam 
SYARAT ZAKAT FITRAH :
·         Orang Islam. sedangkan bagi orang yang bukan islam tidak diwajibkan
·         Membayar zakat fitrah dilaksanakan setelah terbenamnya matahari dari bulan ramadhan sampai akhir bulan ramadan. 
·         Memiliki harta yang berlebih dengan ketentuan kelebihan harta untuk dirinya sendiri dan untuk keluarganya. Sedangkan bagi yang kekurangan tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. 
·         Siapa saja orang-orang yang berhak menerima zakat? Berikut ini 8 golongan orang Islam yang berhak menerima zakat:

3.      Orang yang berhak menerima zakat di desa subah yaitu :
1.      FAKIR
Yaitu orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap sehingga penghasilanya tidak tetap dan tidak mencukupi kebutuhan.
2.      MISKIN
Yaitu orang memiliki penghasilan tetap, tetapi masih belum cukup untuk menutup kebutuhan sehari hari.
3.      AMIL
Yaitu orang-orang pekerjaan nya mengumpulkan dan membagi zakat.
4.      MUALAF
Yaitu orang – orang yang masih lemah iman nya’ masih memerlukan bimbingan dan pembinaan keimanannya.
5.      GARIM
Yaitu seseorang yang terbelenggu utang untuk kepentingan yang bukan maksian dan ia tidak sanggup untuk membayar nya.
6.      SABILILAH
Yaitu orang – orang yang berjuan di jalan Allah swt. Atau usaha dalam menegakan agama islam.
7.      IBNU SABILILAH
Yaitu orang – orang yang sedang perjalan jauh  (bukan untuk maksiat).
Itulah orang – orang yang berhak menerima zakat di Desa Subah.
4.      MANFAAT ZAKAT :
1.      Membersihkan Harta
Salah satu dari manfaat zakat fitrah adalah membersihkan pahala orang yang berpuasa dan berbagai perbuatan sia-sia dan kesalahan sehingga seorang yang berpuasa dapat meraih kesempurnaan pahala puasanya.
2.      Membantu Orang Miskin
Memberi makan kepada orang miskin, sehinga mereka juga merasakan kegembiraan di Hari raya Sebagaimana yang dirasakan oleh orang yang lebih mampu.
3.      Memberi Umur Panjang
Zakat Fitrah merupakan zakat diri, dimana Allah memberikan umur panjang baginya sehingga ia bertahan dengan Nikmat-Nya.
4.      Menumbuhkan Akhlak Mulia
Manfaat zakat fitrah yang lainnya juga sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat-Nya menumbuhkan akhlak mulia dengan rasa kemanusiaan yang tingi, menghilangkan sifat kikir, rakus, dan materialis.
5.      Memberikan Ketenangan
Setelah menunaikan zakat fitrah, diri kita masing-masing juga akan merasa lebih tenang, tidak ada beban, dan secara kondisi sudah merasaka tenang karena sudah menjalani tanggung jawab dan kewajiban yang ada.
6.      Menghilangka Sifat Negatif
Ketika kita menunaikan zakat fitrah, selain warga miskin dapat terpenuhi kebutuhannya karena bantuan kita, kita yang menjalankan kewajiban ini juga akan terhindar dari bahaya kekufuran, sekaligus menghilangkan sifat iri, dengki dan hasad yang mungkin timbul dari kalangan mereka, ketika kita melihat orang kaya yang memiliki harta cukup banyak. Inilah manfaat zakar fitrah yang tidak banyak orang sadari.
7.      Sebagai Pilar Amal Bersama
Ketika orang kaya memberikan bantuan kepada rakyat miskin yang membutuhkan seperti ini, hal ini akan menjadi sebuah pilar amal bersama, dimana antara orang-orang kaya dengan para mujahid yang seluruh waktunya digunakan untuk berjihad di Jalan Allah.
8.      Sebagai Bentuk Jaminan Sosial
Selain sebagai pilar amal bersama, zakat juga merupakan salah satu bentuk konkret dari jaminan sosial yang disyariatkan oleh ajaran Islam, Melalui syariat zakat, kehidupan orang-orang fakir, miskin dan orang-orang yang menderita lainnya, akan terpehatikan dengan baik.
9.      Meningkatkan Rasa Syukur
Sebuah tindakan seseorang dalam menunaikan zakat fitrah disini, tentunya dia akan mengorbankan sebagian makanan pokoknya atau sebagian hartanya untuk di zakatkan, ketika ini tentunya orang tersebut mengetahui bahwa dia menjalankan zakat ini adalah termasuk bentuk rasa syukur terhadap pemberian Allah SWT.
10.  Membiasakan Disiplin
Ketika kita membayar zakat fitrah, terutama dalam pembayaran zakat fitrah disini ada batas waktunya, hal inilah yang membuat kita secara pribadi ketika hendak menjalankan zakat fitrah harus sesuai dan tepat pada waktunya, jadi ketika kita sebagai umat muslim mampu menunaikan zakat fitrah di waktu dan tiap tahun sesuai dengan kewajiban, maka kita juga melatih diri kita untuk lebih disiplin. Disini juga merupakan sisi moril dari manfaat zakat fitrah.
11.  Menumbuhkan Sikap saling Tolong-menolong
Pada aspek ini, ketika seseorang memberikan zakat fitrah kepada warga miskin, tentunya tak secara langsung mereka orang kaya atau para umat muslim yang mampu membantu warga miskin yang membutuhkan. Sikap seperti inilah yang disebut tolong menolong.
12.  Melengkapi Keimanan dan Keislaman Seseorang
Karena memang zakat dan membayar zakat ini termasuk bagian dari rukun islam . Apabila seseoran telah melakukannya, maka keislamannya pun juga akan lebih lengkap dalam artian tanggun jawab seorang muslim sudah di lakukkannya dengan menunaikan zakat.
13.  Solidaritas dalam Kesatuan Umat Muslim
Pada aspek ini, orang yang mampu akan memberikn bantuan kepada orang yang kurang mampu. Disini tentunya tidak akan ada pembatas antar si kaya dan si miskin Zakat Fitrah disini menyatukan umat muslim yang berbeda derajatnya, karena sesungguhnya Allah SWT hanya menilai dari tingkat iman dan taqwanya.
14.  Mencegah Bencana yang Merugikan
Diketahui, Hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam yang berbunyi :”Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah).
15.  Menjadi Sebab dimasukkannya ke Surga
Diketahui , Hadist Rasulullah SAW yang artinya :”Sesungguhnya di surga terdapat kamar yang luarnya dapat terlihat dari dalamnya dan dalamnya dapat terlihat dari luarnya.” Kemudian ada seorang badui berdiri lantas bertanya, “Kepada siapa (kamar tersebut) wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Bagi orang yang berkata baik, memberi makan (di antaranya lewat zakat, pen), rajin berpuasa, shalat karena Allah di malam hari di saat manusia sedang terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi ).
Itulah beberapa manfaat zakat fitrah bagi masyarakat di desa subah.
5.      Inilah pembayarn zakat fitah di Desa Subah.
Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayar oleh setiap muslim yang hidup dan menjumpai bulan Ramadhan. Bila seorang muslim meninggal pada tanggal 1 Ramadhan pagi hari, atau tanggal 30 Ramadhan sore hari, maka keluarganya berkewajiban membayarkan zakat fitrah. Di Desa Subah waktu pembayaran zakat fitrah boleh dilakukan kapan saja asal masih di bulan ramadhan. Kita bisa membayar zakat mulai dari hari pertama dimulainya puasa Ramadhan sampai dengan malam takbir jelang Hari Raya Idul Fitri. Bayarkan zakat fitrah Anda melalui amil zakat di masjid terdekat maupun lembaga penyalur zakat sehingga manfaat zakat akan sampai kepada yang berhak menerimanya. Dengan demikian, hikmah zakat sebagai penumbuh akhlak mulia dapat tercipta dalam kehidupan masyarakat muslim Indonesia.


EmoticonEmoticon